Simulasi Model Matematis Kontrol Sistem Kontrol Traksi

Authors

  • I Nyoman Sutantra Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Mesin - Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Ian Hardianto Siahaan Faculty of Industrial Technology, Petra Christian University

Keywords:

traction control system, vehicle stability, hybrid fuzzy PID.

Abstract

Traction Control System is an innovative automotive technology to prevent stability. Research impress to make mathematics control model. Research Methodology is used by using integrated research of the other researcher to analyze model Hybrid PID Fuzzy. The results of the research by setting value of Kp,Ki,Kd, pedal ravel, pedal throttle, spark advance = 0,20 for right and left wheel. Hybrid PID Fuzzy capable to repair error and delta error respond of disturbance. Abstract in Bahasa Indonesia : Sistem kontrol traksi merupakan salah satu produk teknologi yang berkembang saat ini dibidang otomotif dalam hal menjaga stabilitas suatu kendaraan. Penelitian di bidang ini sudah banyak dilakukan oleh peneliti namun permodelan matematisnya masih sangat minim sekali untuk dilakukan. Metodologi penelitian yang dilakukan dengan cara mengintegrasikan penelitian-penelitian dibidang kontrol traksi yang sudah pernah dilakukan peneliti lain, kemudian menganalisis terhadap hasil permodelan yang dilakukan yaitu dengan simulasi Hybrid PID Fuzzy. Hasil penelitian dilakukan dengan setting terhadap parameter nilai Kp,Ki, Kd selanjutnya terhadap pedal rem, pedal gas, dan sudut pengapian untuk memperoleh batasan slip yang diizinkan lebih kecil atau sama dengan 0,20 untuk roda kiri dan roda kanan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Hybrid PID Fuzzy mampu memperbaiki respon gangguan yang terjadi berupa error dan delta error terhadap setting point. Kata kunci: sistem kontrol traksi, stabilitas kendaraan, hybrid PID Fuzzy.

Downloads

Published

2005-09-27

Issue

Section

Articles