Prediksi Ignition Delay Mesin Diesel Berbahan Bakar Ganda

Authors

  • Arifin Siagian Balai Besar Teknologi Energi (B2TE), BPPT Kawasan PUSPIPTEK, Cisauk, Tangerang Selatan, Banten, 15314
  • Mawardi Silaban Balai Besar Teknologi Energi (B2TE), BPPT Kawasan PUSPIPTEK, Cisauk, Tangerang Selatan, Banten, 15314

Keywords:

Keterlambatan pengapian, periode injeksi, periode pengapian, prediksi, bahan bakar ganda

Abstract

Pada mesin diesel ada tenggang waktu antara sejak dimulainya penginjeksian solar (periode injeksi) ke dalam silinder bakar mesin, kemudian terbentuk campuran udara+embun solar sampai terjadi titik api yang mula-mula atau periode pengapian. Tenggang waktu atau keterlambatan pengapian ini disebut ignition delay. Ignition delay adalah suatu parameter yang sangat berpengaruh terhadap awal sampai akhir proses pembakaran di dalam silinder bakar mesin, oleh sebab itu sangat menentukan performa dan emisi gas buang mesin. Pada pengujian di sini, sebagai mesin berbahan bakar ganda.Bahan Bakar Gas (BBG), yaitu; propana, metana, dan hidrogen masing-masing dialirkan ke dalam silinder bakar mesin diesel konvensional, setelah bercampur dengan udara oleh sebuah mixer yang ditempatkan di dalam intake port. Kemudian bahan bakar solar disemprotkan langsung ke dalam silinder mesin dengan jumlah kecil (hanya sebagai pemicu api saja), dan ignition delay solar yang diinjeksikan tersebut dengan periode injeksi yang bervariasi dianalisis dan dievaluasi. Pada penelitian ini telah dilakukan dan ditemukan model perhitungan untuk memprediksi ignition delay, yaitu dengan menerapkan persyaratan autoignition Livengood-Wu (Livengood dan Wu, 1955). Dengan didapatkannya model perhitungan untuk memprediksi ignition delay ini maka diharapkan dapat mempermudah dan meningkatkan akurasi hasil yang didapat di dalam penelitian pada level simulasi khususnya pada bidang mesin diesel.

References

Livengood, J.C. and Wu, P.C., Autoignition Pheno­mena in Combustion Engines and Rapid Compression Machines, 5th Symp. (Int.), on Comb., 347-356, Reinhold Publishing Corp. (1955)

Hamamoto, Tomita, Matsuoka, Hirata, Wata­nabe, Study on Ignition Assessment of Diesel Engine, JSA Paper,pp. 65-69,25-2 (1994).

Wolfer, H.H., Der Zundverzug im Dieselmotor, VDI-Forsch.,392, pp.15-24, (1938-9)

Yu, T.C., Uyehara, O.A., Myers, P.S., Collins, R.N., Mahadevan, K., Physical and Chemical Ignition Delay in an Operating Diesel Engine Using the Hot-Motored Engine, SAE Trans., Vol. 64, pp. 690-702, (1956).

Tsao, K.C., Myers, P.S., Uyehara, O.A., Gas Temperature During Compression in Motored and Fired Diesel Engine, pp. 136-145, (1962).

Lyn, W-T., Valdmanis, E., The Effects of Phy­sical Factors on Ignition Delay, Proc Instn Mech Engrs, pp. 34-59, (1966-67).

Henein, N.A. and Bolt, J.A., Ignition Delay in Diesel Engine, SAE Paper, No. 670007, (1967).

Henein, N.A. and Bolt, J.A., Correlation of Air Charge Temperature and Ignition Delay for Saveral Fuels in a Diesel Engine, SAE Paper, No. 690252, (1969).

Hamamoto,Oota, Ito,Study on Ignition Delay of Diesel Engine,JSA Paper,pp. 9-15, 9(1975)

Ikura,Tsumida,Hiroyasu,Ignition Delay of Diesel Spray of Combustion Vessel Constant Volum,JSME Paper (B Edition), pp. 1559-1568, 41-345 (1975).

Hiroyasu,Tsumida,Tanaka,Ignition Delay of Diesel Engine Spray Hit the Wall,JSME Paper (B Edition), pp. 531-539, 46-403 (1980).

Arai,Mizoguchi,Hiroyasu,Ignition Delay of Light Oil and Saveral of Fuel,JSME Paper (B Edition),pp.1345-1353, 50-453 (1984).

Ryan,T. W., Correlation of Physical and Che­mi­cal Ignition Delay to Cetane Number, SAE Paper, No. 852103, (1985).

Dimitriu, D. G., Goetler, H.J., Ziejewski, M., Apparatus for the Measurement of Ignition Delay Times for Diesel Engine Fuels, SAE Paper, No. 901617 pp. 513-520, (1990).

Liu Z., Karim G. A., The Ignition Delay Period in Dual Fuel Engines, SAE Paper,No.950466, (1995).

Siebers,D.L. and Edwards,C.F., Autoignition of Methanol and Natural Gas in a Simulated Diesel Environment, SAE Paper,No. 910227, (1991).

Daiso, Yasigeo, Kibara, Saitou, Kozeki, Shimi­zu, Characteristics of Combustion and Low Emissions of Dual-Fuel Engine (1st Journal of The Using Natural Gas to Ignited by Light Oil), JSA Paper, pp. 23-28,27-3 (1996).

Sato, Saito, Daiso, Combustion of Dual-Fuel Diesel Engine,JSA Paper,pp. 21-26,26-3 (1995).

Barata,J. M. M., Performance and Emissions of a Dual Fueled DI Diesel Engine,SAE Paper, No. 952364,(1995).

Goto, Hida, Autoignition Compression and Autoignition Premixed Combustion Engine of DME and n-Butane Fuel,JSME Paper (B Edition), pp. 279-286, 64-618 (1998).

Downloads

Published

2013-09-03

Issue

Section

Articles