Desain Sistem Exhaust Toyota Kijang Innova Untuk Meningkatkan Performa
Keywords:
Toyota Kijang Innova, Saluran Gas Buang, Konsumsi Bahan Bakar, makalah, jurnal mechanova, teknik mesin.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan performa Toyota Kijang Innova Bensin dengan cara melakukan modifikasi pada bagian exhaust. Bagian yang dimodifikasi meliputi header menggunakan konfigurasi 4-1, kolektor, dan resonator. Dengan mendesain exhaust manifold dan kolektor yang lebih baik akan memperlancar aliran gas buang dari mesin. Sehingga mampu membuat performa mesin mobil menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mendesain header 4-1 dengan program Solidwork. Kemudian hasil desain tersebut dilakukan simulasi aliran untuk mendapatkan nilai pressure drop di tiap pipa silinder. Memodifikasi kolektor dengan menambahkan spike sehingga aliran udara lebih terarah. Mendesain resonator dengan diameter disesuaikan dengan diameter pipa tailpipe. Pengujian dilakukan dengan dynotest untuk mengetahui daya dan torsi mesin. Selain itu pengujian dilakukan dengan uji jalan untuk mengetahui besarnya konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan daya sebesar 3.8% dan torsi sebesar 3.9%. Hasil uji konsumsi bahan bakar menunjukkan konsumsi lebih irit 0.3km/l dibandingkan kondisi standar.References
Bell, A.G. (1981). Performance tuning in theory and practice four stroke. England: Haynes Publishing Group.
Bell, A.G. (1997). Modern Engine Tuning. England: Haynes Publishing Group
Crouse, William H. (1959). Automotives Engines. New York: McGRAW-HILL BOOK COMPANY, INC.
Ekasaputra, D. (2015, September 21). Nissan Serena Autotech begitu nyaman di jalan. Autobild Indonesia. Retrieved September 27, 2015, from http://www.autobild.co.id/read/2015/09/21/14493/47/14/Nissan-Serena-Autech-Begitu-Nyaman-di-Jalan
Ellinger, H. E., & Halderman, J. D. (1991). Automotive Engines (Theory & Servicing) (2nd ed.). New Jersey: Prentice Hall, Inc.
EngineBasics. (n.d.). Exhaust flow and tuning. Retrieved September 27, 2015, from http://www.enginebasics.com/Engine%20Basics%20Root%20Folder/Exhaust%20Flow.html
Eri, F. (2013, Desember 1). Hasil tes Mazda Biante Skyactiv. Autobild Indonesia. Retrieved September 27, 2015, from http://test.autobild.co.id/ read/2013/12/01/8988/47/14/Hasil-Tes-Mazda-Biante-Skyactiv
Febrian, A. (2013, Mei 29). Kijang Innova Vs All New Grand Livina Vs All New Carens. Andra Febrian Auto Blog. Retrieved September 27, 2015, from http://andra-febrian.blogspot.co.id/2013/05/kijang-innova-vs-all-new-grand-livina.html
Hassan, S.H., Iqbal, H.M., Mughal, U.N., (2014, November). Designing and simulation of intake and exhaust manifold using sensor bridging. 5th IEEE International Conference on Cognitive Infocommunications. Retrieved September 28, 2015, from Science Direct database.
Kristanto, P. (2015). Motor bakar torak. Yogyakarta: ANDI
Kristanto, P. (n.d.). Buku ajar motor bakar. Surabaya: Universitas Kristen Petra
Kuswanto, H. (2014, September 28). Tes Toyota Kijang Innova ke Gunung Pacir. Autobild Indonesia. Retrieved September 27, 2015, from http://www.autobild.co.id/read/2014/09/28/11437/63/19/Tes-Toyota-Kijang-Inova-ke-Gunung-Pacir
Markel, A. (2000). Exhaust tuning 101: The art of minimizing restriction & maximizing horsepower. Babcox Publication, Inc. Retrieved September 28, 2015, from http://search.proquest.com/docview/ 212188610?accountid=38628
Ordexhaust. (2014). More deep into headers 41 & 421. Retrieved September 27, 2015, from http://ordexhaust.com/news-article/knowledge/41-vs-421/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Teknik Mesin diterbitkan oleh Universitas Kristen Petra.
Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License (CC BY).