Desain Sistem Exhaust Toyota Kijang Innova Untuk Meningkatkan Performa

Joshua Kuntandi, Sutrisno .




Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan performa Toyota Kijang Innova Bensin dengan cara melakukan modifikasi pada bagian exhaust. Bagian yang dimodifikasi meliputi header menggunakan konfigurasi 4-1, kolektor, dan resonator. Dengan mendesain exhaust manifold dan kolektor yang lebih baik akan memperlancar aliran gas buang dari mesin. Sehingga mampu membuat performa mesin mobil menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mendesain header 4-1 dengan program Solidwork. Kemudian hasil desain tersebut dilakukan simulasi aliran untuk mendapatkan nilai pressure drop di tiap pipa silinder. Memodifikasi kolektor dengan menambahkan spike sehingga aliran udara lebih terarah. Mendesain resonator dengan diameter disesuaikan dengan diameter pipa tailpipe. Pengujian dilakukan dengan dynotest untuk mengetahui daya dan torsi mesin. Selain itu pengujian dilakukan dengan uji jalan untuk mengetahui besarnya konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan daya sebesar 3.8% dan torsi sebesar 3.9%. Hasil uji konsumsi bahan bakar menunjukkan konsumsi lebih irit 0.3km/l dibandingkan kondisi standar.


Keywords


Toyota Kijang Innova, Saluran Gas Buang, Konsumsi Bahan Bakar, makalah, jurnal mechanova, teknik mesin.

References


  1. Bell, A.G. (1981). Performance tuning in theory and practice four stroke. England: Haynes Publishing Group.
  2. Bell, A.G. (1997). Modern Engine Tuning. England: Haynes Publishing Group
  3. Crouse, William H. (1959). Automotives Engines. New York: McGRAW-HILL BOOK COMPANY, INC.
  4. Ekasaputra, D. (2015, September 21). Nissan Serena Autotech begitu nyaman di jalan. Autobild Indonesia. Retrieved September 27, 2015, from http://www.autobild.co.id/read/2015/09/21/14493/47/14/Nissan-Serena-Autech-Begitu-Nyaman-di-Jalan
  5. Ellinger, H. E., & Halderman, J. D. (1991). Automotive Engines (Theory & Servicing) (2nd ed.). New Jersey: Prentice Hall, Inc.
  6. EngineBasics. (n.d.). Exhaust flow and tuning. Retrieved September 27, 2015, from http://www.enginebasics.com/Engine%20Basics%20Root%20Folder/Exhaust%20Flow.html
  7. Eri, F. (2013, Desember 1). Hasil tes Mazda Biante Skyactiv. Autobild Indonesia. Retrieved September 27, 2015, from http://test.autobild.co.id/ read/2013/12/01/8988/47/14/Hasil-Tes-Mazda-Biante-Skyactiv
  8. Febrian, A. (2013, Mei 29). Kijang Innova Vs All New Grand Livina Vs All New Carens. Andra Febrian Auto Blog. Retrieved September 27, 2015, from http://andra-febrian.blogspot.co.id/2013/05/kijang-innova-vs-all-new-grand-livina.html
  9. Hassan, S.H., Iqbal, H.M., Mughal, U.N., (2014, November). Designing and simulation of intake and exhaust manifold using sensor bridging. 5th IEEE International Conference on Cognitive Infocommunications. Retrieved September 28, 2015, from Science Direct database.
  10. Kristanto, P. (2015). Motor bakar torak. Yogyakarta: ANDI
  11. Kristanto, P. (n.d.). Buku ajar motor bakar. Surabaya: Universitas Kristen Petra
  12. Kuswanto, H. (2014, September 28). Tes Toyota Kijang Innova ke     Gunung Pacir. Autobild Indonesia. Retrieved September 27, 2015, from http://www.autobild.co.id/read/2014/09/28/11437/63/19/Tes-Toyota-Kijang-Inova-ke-Gunung-Pacir
  13. Markel, A. (2000). Exhaust tuning 101: The art of minimizing restriction & maximizing horsepower. Babcox Publication, Inc. Retrieved September 28, 2015, from http://search.proquest.com/docview/ 212188610?accountid=38628
  14. Ordexhaust. (2014). More deep into headers 41 & 421. Retrieved September 27, 2015, from http://ordexhaust.com/news-article/knowledge/41-vs-421/


Full Text: PDF

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Jurnal Teknik Mesin, ISSN: 1410-9867

hit counter
View My Stats




Copyright © Research Center Web-Dev Team