Pengaruh Pengurangan Diameter Valvestem Dan Penambahan Radius Valveneck Terhadap Performa Motor Bakar Honda Supra Fit 100 CC

Paul James Huang’s, Teng Sutrisno




Abstract


Salah satu untuk meningkatkan performa dari sepeda motor adalah dengan melakukan penggantian katup standard ke katup racing. Katup racing ini bertujuan untuk memperlancar aliran udara yang masuk ke ruang bakar. Katup racing, biasanya, cara memodifikasinya adalah dengan melakukan pengurangan diameter pada batang katup. Pemilihan diameter katup pada penelitian ini adalah pengurangan sebesar 0,7 mm, 0,9 mm, dan 1,1 mm, dan membandingkan ketiga diameter dengan katup ukuran standard.

Metode pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan melakukan simulasi aliran dengan menggunakan program komputer ANSYS. Serta dengan melakukan uji dynotest untuk mengetahui peningkatan daya dan torsi, sebelum dan sesudah dilakukan penggantian pada masing-masing variasi pada katup.

Hasil yang didapatkan setelah melakukan simulasi adalah katup dengan diameter batang yang diperkecil menghasilkan pressure drop yang lebih kecil dan velocity yang besar. Hasil tersebut dicapai oleh katup dengan pengurangan sebesar 0,9 mm. Untuk hasil dynotest, daya tertinggi dicapai oleh katup dengan pengurangan sebesar 1,1 mm. yaitu 6,8 HP, mengalami pengingkatan sebesar 17,24%. Sedangkan torsi maksimum dicapai oleh katup dengan pengurangan 0,9 mm, yaitu 7,39 N.m, meningkat sebesar 14,75% dari katup standard.


Keywords


Katup, intake, pressure drop, velocity, daya, torsi

References


  1. Baechtel, John. (2013). Improving Airflow Around the Valve. Retrieved  June 06, 2016, from http://www.stangtv.com/tech-stories/engine/ferrea-helps-explains-valve-flow-dynamics/
  2. Bell, A. G. (1981). Performance Tuning in Theory & Practice. England :Haynes         Publishing Group.
  3. Cameron, Kevin. (1996). Intake flow 101. Cycle World, 16. Retrieved  June 10, 2016, from ProQuest.
  4. Kristanto, P. (2015). Motor Bakar Torak (Teori & Aplikasinya). Yogyakarta :              Penerbit ANDI.
  5. Pritchard, P. J. (2011). Fox and McDonald’s Introduction To Fluid Mechanics (8th ed.). USA : John Wiley & Sons, Inc.


Full Text: PDF

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Jurnal Teknik Mesin, ISSN: 1410-9867

hit counter
View My Stats




Copyright © Research Center Web-Dev Team