Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel yang akan dikirim harus berbentuk Microsoft Office (*.doc/*.docx)
  • Artikel yang akan dikirim sesuai dengan Template Penulisan JTM
  • Lampirkan Pernyataan Etika Publikasi, saat bersamaan dengan pengiriman Artikel

Author Guidelines

Jurnal Teknik Mesin diterbitkan setiap bulan April dan Oktober. Maksud penerbitan jurnal ini antara lain adalah untuk:

  1. Menyebarluaskan pengetahuan, pengalaman/terapan dan temuan baru para ilmuwan atau praktisi di bidang teknik mesin.
  2. Meningkatkan motivasi para ilmuwan dan praktisiisi untuk melakukan penelitian dan pengembangan ilmu di bidang teknik mesin.

Untuk itu Redaksi Jurnal Teknik Mesin membuka kesempatan kepada para kontributor untuk mengirimkan naskah hasil penelitian maupun kajian ilmiahnya. Sebelum menulis naskah, mohon para kontributor memperhatikan beberapa ketentuan sebagai berikut:

Penulisan Naskah (Template) Naskah diketik dengan di atas kertas A-4, satu kolom 2 spasi, dan ukuran font 12. Margin atas, bawah, kiri dan kanan masing-masing 2,5 cm. Panjang naskah antara 14 sampai 18 halaman termasuk, tabel, gambar, dan daftar pustaka. Naskah dikirim ke alamat redaksi dalam bentuk soft copy melalui e-mail atau dalam CD yang dikirim melalui pos. Selain itu saat pendaftaran di OJS dilampirkan "Pernyataan Etika" publikasi.

Bahasa Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia atau Inggris

Kerangka Isi Naskah Isi naskah terdiri dari: Judul, Nama dan institusi serta alamat e-mail penulis, Abstrak, Kata kunci, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.
Judul terdiri dari 6 sampai 12 kata, abstrak terdiri dari maksimum 200 kata, dan kata kunci terdiri dari 3 sampai 5 kata atau frasa. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
Kesimpulan merupakan satu paragraph yang mengungkapkan generalisasi semua hasil penelitian yang diperoleh. Tidak dinyatakan per point atau bullet.
Daftar Pustaka hanya memuat pustaka yang digunakan atau dikutip langsung dalam naskah. Penunjukkan pustaka di dalam naskah dilakukan dengan cara menulis nomor pustakanya di dalam tanda kurung, dan dimulai dari nomor pustaka [1] dst. Nomor pustaka dalam naskah diketik segaris dengan tulisan pada naskah.
Contoh penulisan Daftar Pustaka adalah sebagai berikut:

                                                                                                   

Jurnal: 

[Last name of author], [First name of author (or abbreviated)], [Year], [“Title of paper”], [Name of journal], [Volume of journal], [Issue of journal (if any)], [Pages of paper]

Contoh:

Azad, M., Quinn, W. R., Groulx, D., 2012, “Mixing in Turbulent Free Jets issuing from Isosceles Triangular Orifices with Different Apex Angles”, Experimental Thermal and Fluid Science, 3, 5, pp. 237-251.

Buku:

 [Last name of author], [First name of author (or abbreviated)], [Year], [Title of book], [Name of publisher], [City], [Country]

Contoh:

Bernard, P. S. and J. M. Wallace, 2002, Turbulent Flow: Analysis, Measurement, and Prediction, John Wiley & Sons, New York, the United States of America.

 Konferensi atau seminar :

 [Last name of author], [First name of author (or abbreviated)], [Year], [“Title of paper”], [Name of proceeding], [City], [State], [Country]

Contoh:

Choutapalli, Isaac M., 2013, “Effect of Strouhal Number on the Flow Field of a Turbulent Pulsed Jet”, Proceeding of AIAA Aviation 2013, Los Angeles, California, the United States of America.

Disertasi/ Tesis/Tugas Akhir:

 [Last name of author], [First name of author (or abbreviated)], [Year], [“Title of dissertation”], [Type of thesis/ dissertation], [Name of department or institution], [City], [Name of university/ school], [Country]

Contoh :

Harch, W. H., 1977, “Noise and Flow Measurements in a Pulsed Jet”, PhD Thesis, Department of Mechanical Engineering, Brisbane, The University of Queensland, Australia.

 

Gambar dan Tabel Foto, grafik, ilustrasi ataupun diagram digolongkan dalam kelompok “gambar”. Setiap gambar/tabel di beri nama dan nomor gambar/tabel, mulai dari nomor 1 Nama dan nomor gambar ditulis di bawah gambar, sedang nomor dan nama table ditulis di atas tabel. Gambar dan tabel diberi nomor urut tersendiri. Ukuran gambar dan tabel serta keterangannya harus masih terbaca dan terlihat jelas bila dilakukan pengecilan hingga 50%. Gambar dan tabel di dalam naskah diletakkan setelah pembahasan gambar atau table tersebut.

Persamaan Matematika Setiap persamaan harus diberi nomor dan diurut dari nomor (1). Nomor persamaan diletakkan dalam tanda kurung, dan diletakkan di sebelah kanan persamaan
Penyunting Naskah
Dalam menentukan naskah mana yang layak diterbitkan, redaksi dibantu oleh reviewer yang memiliki kompetensi keilmuan dan pengalaman sesuai dengan pokok bahasan pada naskah. Hasil review atau tanggapan reviewer akan disampaikan kepada penulis sebagai bahan perbaikan naskah.
Biaya Penerbitan
Setiap naskah yang dimuat dikenakan biaya penerbitan sebesar Rp. 250.000,- Biaya tersebut supaya ditransfer ke rekening redaksi di: Bank CIMB Niaga Cab. Jemur Andayani, Surabaya. atas nama Ir. Oegik Soegihardjo, MA. No. Rek: 033- 01- 46044 – 12 - 1. Bukti transfer dapat dikirim melalui e-mail atau fax ke alamat redaksi.
Setiap kontributor yang naskahnya dimuat akan mendapat sebuah cetak lepas dan langganan Jurnal Teknik Mesin selama 1 tahun secara gratis. Tambahan copy atau cetak lepas yang diminta harus dibayar dengan harga tersendiri.
Koresponden/Alamat Redaksi Pusat Penelitian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya 60236 Telp. (031) 8439040, 2983147, 2983464 Fax. (031) 8436418, 2983111 E-mail: puslit@peter.petra.ac.id E-mail: tengsutrisno@peter.petra.ac.id

Privacy Statement

Pernyataan etika publikasi ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, review, dan penulis (author). 

Kode Etika Publikasi Ilmiah pada intinya menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu : 

  • Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi;
  • Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang;
  • Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi.

Oleh karena itu  dalam Etika Publikasi Ilmiah ini, Penulis diwajibkan untuk mengunduh Pernyataan Etika dan Perjanjian Hak Cipta. Penulis untuk menandatangani dan menyerahkan “Pernyataan Etika” sebagai bagian dari kiriman artikel awal. “Perjanjian Hak Cipta” harus diserahkan sebelum artikel dapat dipublikasikan. Pernyataan Etika dan Perjanjian Hak Cipta dilampirkan pada sistem OJS.

Pernyataan Etika Publikasi

Perjanjian Hak Cipta