Perancangan Mesin Pemotong Kawat Bendrat Di PT. Surabaya Wire

Jason Nathaniel, Joni Dewanto, Dharma S.N.




Abstract


Persaingan ketat di dunia industri seringkali menuntut pengusaha untuk menggunakan proses otomasi agar dapat meningkatkan kinerja mereka. Proses penimbangan dan pemotongan yang ada pada PT. Surabaya Wire masih manual dan membutuhkan waktu yang lama, sehingga dibutuhkan sebuah alat yang dapat memisahkan 1 kg kawat bendrat dan memotongnya secara otomatis. Proses ini dibagi menjadi dua bagian besar yaitu bagian pemisahan 1 kg kawat bendrat dan bagian pemotongan. Konsep dasar untuk memisahkan 1 kg kawat bendrat adalah dengan menggunakan panjangnya sebagai acuan. Ketika panjang kawat bendrat sudah sama dengan 1 kg, maka gulungan kawat akan dipisahkan dan dilanjutkan ke proses pemotongan. Bagian pemotongan menggunakan konsep sebuah tang potong namun lengan pemotong dimodifikasi agar dapat dilewati oleh gulungan kawat yang jatuh dari mesin coiler dan akhirnya dapat dipotong. Simulasi akan dilakukan terlebih dahulu sebelum proses fabrikasi.. Simulasi hanya dilakukan pada bagian pengambilan 1 kg. Simulasi yang dilakukan gagal karena pengambilan kawat tersebut ketika ditimbang terbaca 1.57 kg. Sehingga dibutuhkan penyesuaian lebih lanjut agar rancangan dapat berhasil.


Keywords


kawat bendrat, pemotong, perancangan, makalah, jurnal mechanova, teknik mesin

References


  1. Alciatore, D. G., & Histand, M. B. (2012). Introduction to Mechatronics and Measurement Systems. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
  2. Azo Materials. (2016, 5). Retrieved from www.azom.com
  3. Beer, F. (2010). Vector Mechanics for Engineers. Statics and Dynamics. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
  4. Deutschmann, A. D. (1975). Machine Design: Theory and Practice. New York: Macmillan Publishing Co., Inc.
  5. Gere, J. M., & Goodno, B. (2009). Mechanics of Materials. Canada: Cengage Learning.


Full Text: PDF

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Jurnal Teknik Mesin, ISSN: 1410-9867

hit counter
View My Stats




Copyright © Research Center Web-Dev Team