Pengaruh Pengurangan Diameter Valvestem Dan Penambahan Radius Valveneck Terhadap Performa Motor Bakar Honda Supra Fit 100 CC

Authors

  • Paul James Huang’s
  • Teng Sutrisno

Keywords:

Katup, intake, pressure drop, velocity, daya, torsi

Abstract

Salah satu untuk meningkatkan performa dari sepeda motor adalah dengan melakukan penggantian katup standard ke katup racing. Katup racing ini bertujuan untuk memperlancar aliran udara yang masuk ke ruang bakar. Katup racing, biasanya, cara memodifikasinya adalah dengan melakukan pengurangan diameter pada batang katup. Pemilihan diameter katup pada penelitian ini adalah pengurangan sebesar 0,7 mm, 0,9 mm, dan 1,1 mm, dan membandingkan ketiga diameter dengan katup ukuran standard.

Metode pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan melakukan simulasi aliran dengan menggunakan program komputer ANSYS. Serta dengan melakukan uji dynotest untuk mengetahui peningkatan daya dan torsi, sebelum dan sesudah dilakukan penggantian pada masing-masing variasi pada katup.

Hasil yang didapatkan setelah melakukan simulasi adalah katup dengan diameter batang yang diperkecil menghasilkan pressure drop yang lebih kecil dan velocity yang besar. Hasil tersebut dicapai oleh katup dengan pengurangan sebesar 0,9 mm. Untuk hasil dynotest, daya tertinggi dicapai oleh katup dengan pengurangan sebesar 1,1 mm. yaitu 6,8 HP, mengalami pengingkatan sebesar 17,24%. Sedangkan torsi maksimum dicapai oleh katup dengan pengurangan 0,9 mm, yaitu 7,39 N.m, meningkat sebesar 14,75% dari katup standard.

References

Baechtel, John. (2013). Improving Airflow Around the Valve. Retrieved June 06, 2016, from http://www.stangtv.com/tech-stories/engine/ferrea-helps-explains-valve-flow-dynamics/

Bell, A. G. (1981). Performance Tuning in Theory & Practice. England :Haynes Publishing Group.

Cameron, Kevin. (1996). Intake flow 101. Cycle World, 16. Retrieved June 10, 2016, from ProQuest.

Kristanto, P. (2015). Motor Bakar Torak (Teori & Aplikasinya). Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Pritchard, P. J. (2011). Fox and McDonald’s Introduction To Fluid Mechanics (8th ed.). USA : John Wiley & Sons, Inc.

Downloads

Published

2016-04-01

Issue

Section

Articles