Perancangan Mekanisme Spoiler Dinamis

Authors

  • Ian Hardianto Siahaan Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236
  • Timothy Osmond Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236
  • Roche Alimin Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236

DOI:

https://doi.org/10.9744/jtm.17.1.1-5

Keywords:

Spoiler dinamis, aerodinamika, Arduino

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, penggunaan komponen aerodinamika tipe aktif mulai banyak diterapkan pada mobil. Salah satunya adalah spoiler dinamis. Spoiler dinamis adalah suatu tipe spoiler yang memiliki sinergitas ketika mobil melakukan pengereman maupun gerakan membelok serta dapat juga bekerja secara simultan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang mekanisme spoiler dinamis yang dapat diterapkan pada mobil dengan sudut putar pergerakan spoiler dinamis maksimal sebesar 15° dari kondisi normalnya ketika mobil melakukan proses pengereman maupun proses membelok. Spoiler dinamis yang diusulkan memanfaatkan sistem elektrik dengan motor servo yang mempunyai besaran torsi 1.8 N.m sebagai aktuatornya. Input sudut roda kemudi diteruskan menjadi pergerakan potensiometer sebagai pengatur gerakan roda kemudi sedangkan input pedal rem menggunakan mekanisme push button yang dikendalikan oleh mikrokontroler Arduino. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ketika roda kemudi diputar sebesar 90° maka sudut putar spoiler bergerak sebesar 14.7° dari kondisi normalnya pada salah satu sisi. Artinya, mekanisme spoiler dinamis ini dapat berfungsi dengan baik ketika kondisi pengereman maupun membelok bahkan ketika melakukan gerakan simultan. Pada saat proses pengereman, sudut kedua bagian spoiler menjadi maksimal dan hampir mencapai 150 sebagaimana output yang diinginkan

References

. Seward, D., 2014, Race Car Design. 1st ed., Macmillan Education, London, the United Kingdom.

. Prabhu, S., Arulvel, S., Mayakkannan, S., 2017, “CFD Analysis of Automobile Rear Dynamic Spoiler”, International Journal of Scientific and Engineering Research, 8, 8, pp.1431–1435.

. Jazar, R., 2008, Vehicle Dynamics: Theory and Application. 1st ed., Springer, New York, the United States of America.

. Mashud, M., Ferdous, M., Omee, S. H, 2012, “Effect of spoiler position on aerodynamic characteristics of an airfoil”, International Journal of Mechanical and Mechatronics Engineer¬ing, 12, 6, pp. 1–6.

. Sharma, R. B., 2013, “CFD Simulation for Flow over Passenger Car Using Tail Plates for Aerodynamic Drag Reduction”, OSR Journal of Mechanical and Civil Engineering, 7, 5, pp. 28–35.

. Kshirsagar, V., Chopade, J. V., 2018, ”Aerodynamics of High Performance Vehicles”, International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), 5, pp. 2182–2186.

. Hamut, H. S., El-Emam, R. S., Aydin, M., Dincer, I., 2014, ”Effects of rear spoilers on ground vehicle aerodynamic drag”, International Journal of Numerical Methods for Heat and Fluid Flow, 24, 3, pp. 627–642.

. Sirenko, V., Pavlovs’ky, R., Rohatgi, U. S., 2012, ”Methods of Reducing Vehicle Aerodynamic Drag”, Proceeding of the ASME 2012 Summer Heat Transfer Conference, Rio Grande, Puerto Rico, the United States of America.

. Bhatt, Prahar, 2015, ”Dynamic Rear Car Spoiler For High Speed Turning Stability”, International Journal of Mechanical and Production Engineering, 3, 2, pp. 48–49.

. Cai, J., Kapoor, S., Sikder, T., He, Y., 2017, ”Effects of Active Aerodynamic Wings on Handling Performance of High-Speed Vehicles”, SAE Technical Paper, Detroit, Michigan, the United States of America.

. Diba, F., Barari, A., Esmailzadeh, E., 2014, ”Handling and safety enhancement of race cars using active aerodynamic systems”, Vehicle System Dynamics, 52, 9, pp. 1171–1190.

. Wijaya, J. D., 2012, “Perancangan Mekanisme Active Spoiler”, Mechanova, 1.

. Hodianto, Y. K., Siahaan, Ian. H, 2016, ”Modifikasi Sistem Headlamp Livina dengan Pergerakan Adaptive”, Mechanova, 5.

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles