Sistem Pengaman Sepeda Motor Anti Begal

Authors

  • Joni Dewanto Program Teknik Otomotif, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra Jl.Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236
  • Felix Tanuwijaya Program Teknik Otomotif, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra Jl.Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236

DOI:

https://doi.org/10.9744/jtm.17.1.6-10

Keywords:

Bluetooth, begal, sepeda motor, sistem pengaman

Abstract

Saat ini marak terjadi pembegalan sepeda motor yang dilakukan tidak hanya dengan mengancam, tetapi juga melukai bahkan membuat korban begal tidak berdaya. Oleh karena itu perlu pengaman tambahan pada sepeda motor yang dapat menggagalkan aksi begal tersebut. Paper ini memaparkan sistem pengaman anti begal dengan memanfaatkan sinyal bluetooth. Sinyal tersebut digunakan sebagai media penghubung untuk mengaktifkan sistem pengaman yang dipasang pada sepeda motor dengan handphone korban. Sistem pengaman yang dirancang berupa alarm dan sistem mematikan mesin sepeda motor. Pada saat terjadi begal sistem bekerja secara otomatis, yaitu ketika jarak antara korban dan sepeda motor lebih besar dari 10 m. Dengan demikian sepeda motor tidak dapat dibawa begal. Bunyi alarm diharapkan akan menarik perhatian masyarakat untuk datang membantu korban. Sedang pada saat ditinggal di tempat parkir, sistem ini sekaligus juga dimanfaatkan sebagai sistem pengaman tambahan yang bekerja secara  elektronik.  Sistem pengaman ini dirancang menggunakan perangkat pengatur  Arduino pro mikro dengan bahasa pemrograman C ++ yang telah disederhanakan. Rancangan sistem pengaman ini sudah diimlementasikan di sepeda motor Honda Blade Repsol tahun 2012, dan dilakukan uji fungsi serta keandalan sistem. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik dan memiliki keandalan  yang tinggi.

References

. Artika, K. D., 2013, “Rancang Bangun Sistem Pengaman Pada Sepeda Motor Dengan Meman-faatkan Sensor Encoder dan Sensor Ping”. Jurnal Rotor, 6(1), hal. 1-4. (Diunduh dari: http://jurnal.unej.ac.id/index.php/RTR/article/view/1159)

. Rachmat, R. R., Julian, E. S., 2016, “Pengaman Sepeda Motor Berbasis Mikrokontroller”, Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 13(2), hal. 1–10.

. Budy, 2011, Sistem Pengamanan Kunci Sepeda Motor Menggunakan Radio Frequency Identification (RFID), Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM, Yogyakarta, Indonesia.

. Sutiman, 2011, Sistem Pengapian Elektronik, Citra Aji Parama, Yogyakarta, Indonesia.

. HC-05 Bluetooth to Serial Port Module. (Diunduh dari: http://www.electronicaestudio.com/ docs/istd016A.pdf)

. Gangan, P., Joglekar, A., 2015, “Cell Phone Operated Car Using Bluetooth Technology”, International Journal of Research in Engi¬neering and Technology, pp. 2319–2322.

. Sakhare, M., Ganer, S., Mulchandani, M., 2015, “Car Remote Locking Via Bluetooth Using Android”, International Research Journal of Engineering and Technology, 2(9), pp. 766–767.

Downloads

Published

2021-02-02 — Updated on 2021-02-02

Versions

Issue

Section

Articles