Perancangan Proses Remanufaktur pada Komponen Otomotif
Keywords:
Komponen, otomotif, remanufaktur, special treatmentAbstract
Kendaraan telah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi manusia dalam berbagai aktifitas sehari-hari. Jumlah sepeda motor menunjukkan peningkatan dalam setiap tahunnya. Hal ini menyebabkan limbah berupa komponen yang rusak dari sebuah kendaraan juga terus meningkat. Saat ini, beberapa bentuk dari limbah tersebut dapat direcycle agar materialnya dapat dimanfaatkan kembali. Beberapa komponen yang telah rusak sebenarnya masih dapat digunakan lagi dengan beberapa proses seperti repair, refurbish atau remanufaktur. Proses remanufaktur adalah salah satu recovery option paling tinggi dalam mengolah limbah. Dalam melakukan perancangan proses remanufaktur untuk komponen-komponen otomotif, perlu adanya pemilihan komponen yang akan dijadikan objek. Setelah pemilihan objek, maka harus dibuat serangkaian proses yang harus ada di dalam proses remanufaktur komponen otomotif seperti disassembly, cleaning, inspection, recondition, dan reassembly. Tahap akhirnya adalah merancang skema proses remanufaktur untuk komponen otomotif. Ciri khas dalam proses remanufaktur komponen otomotif adalah adanya special treatment seperti normalizing, hardening untuk beberapa komponen otomotif yang berguna untuk mengembalikan atau bahkan meningkatkan performa atau mechanical properties dari komponen yang diremanufaktReferences
. Debo, L. G., Wassenhove, L. V., Toktay, B., 2006, “Life Cycle Dynamics for Portfolios with Remanufactured Products”, Product and Operation Management, 15, pp. 1-25.
. Steinhilper, R., 1998, Remanufacturing the Ultimate Form of Recycling, Fraunhofer IRB Verlag, Stuttgart, Germany.
. Thierry, M., Salomon, M., Nunen, J. V., Wassenhove, L. V., 1995, “Strategic Issue Product Recovery Management”, California Management Review, 37, 2, pp. 114-135.
. Badan Pusat Statistik Indonesia, Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2018. (Diunduh dari: https://www.bps.go. id/linkTableDinamis/view/id/1133).
. Maulana, Setiap Hari Ada 1.500 Kendaraan Baru di Jakarta. (Diunduh dari: https://otomotif. kompas.com/read/2018/09/13/124200115/setiap-hari-ada-1.500-kendaraanbaru-di-jakarta).
. Bobek, V., 2012, International Trade from Economic and Policy Perspective, Intech Open, London, United Kingdom.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Teknik Mesin diterbitkan oleh Universitas Kristen Petra.
Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License (CC BY).