Perancangan Sistem Spion Kamera pada Mobil Xenia

Authors

  • Fandi D. Suprianto Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236
  • Robert William Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236

DOI:

https://doi.org/10.9744/jtm.17.1.23-28

Keywords:

CMS, luasan pandang, gaya drag

Abstract

Salah satu faktor penyebab utama berbagai kecelakaan kendaraan adalah pengemudi tidak melihat berbagai objek pada titik buta pengemudi. Sebagian besar kecelakaan ini diakibatkan oleh karena pengemudi tidak sadar adanya kendaraan lain. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mereduksi titik buta atau blindspot dengan meningkatkan luasan pandang pada spion kendaraan. CMS (Camera Monitor System) telah terbukti mampu mengurangi titik buta dan meningkatkan waktu reaksi pengemudi terhadap perubahan pada spion. Studi ini bertujuan untuk merancang sistem CMS yang mampu mereduksi blindspot dan mengurangi gaya drag. Studi ini menunjukkan bahwa CMS yang dipasang pada spion Daihatsu Xenia menghasilkan luasan pandang yang lebih baik, dengan demikian berhasil mereduksi blindspot, serta bentuk spion CMS yang ramping dapat mereduksi gaya drag secara signifikan

References

. Schumann, J., Sivak, M., Flannagan, M. J., 1996, Are Driver-Side Convex Mirrors Helpful or Harmful, University of Michigan Transport Research Institute, Ann Arbor, the United States of America.

. Large, D. R., Crundal, E., Burnett, G., Harvey, C., Konstantopoulos, P., 2016, ”Driving without wings: The effect of different digital mirror locations on the visual behaviour, performance and opinions of drivers”, Applied Ergonomics, 55, pp. 138-148.

. Ai, S. L. S., Al-Obaidi, A. S. M., Hong, L. C., 2016, “Effect of Size and Shape of Side Mirrors on the Drag of a Personal Vehicle”, Proceeding of the International Engineering Research Conference (7th Eureca), Subang Jaya, Malaysia.

. Murata, A., Kohno, Y., 2018, “Effectiveness of replacement of automotive side mirrors by in-vehicle LCD – Effect of location and size of LCD on safety and efficiency”, International Journal of Industrial Ergonomics, 66, pp. 177-186.

. Ali, J. S. Mohamed, Bazilah, F. F., 2014, “Mirrorless Car: A Feasibility Study”, Applied Mechanics and Materials, 663, pp. 649-654.

. Alves, R. M., Almeida, O., 2017, “Validation of Experimental and Numerical Techniques for Flow Analysis over an Ahmed Body”, Inter¬national Journal of Engineering Research and Applications, 7, pp. 63-71.

. Terzis, A. (Ed.), 2016, Handbook of Camera Monitor Systems: The Automotive Mirror – Replacement Technology based on ISO 1650, Springer, Switzerland.

Downloads

Published

2021-02-02 — Updated on 2021-02-02

Versions

Issue

Section

Articles