Bodi Mobil dengan Komposit Matriks Fiber Carbon-Honeycome dan Penguat Resin Lycal
:
https://doi.org/10.9744/jtm.17.2.29-33Abstract
Body mobil KMHE yang dilombakan oleh kemendikbud tahunan, kebanyakan menggunakan rangka aluminium. Penelitian ini mengajukan bahan carbon fiber-honeycomb sebagai pengganti rangka aluminium. Dalam penelitian metode yang digunakan adalah melapisi honeycomb dengan lapisan carbon fiber-resin. Cara pelapisan bagian dari 1 sampai 3 lapisan pembuatan material menggunakan hand lay-up. Standar specimen yang digunakan adalah ASTM D 638-02 dan ASTM D 790 – 02. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berturut-turut kekuatan tarik dan bending tertinggi di dapat pada 3 lapisan atas komposit karbon fiber-honeycomb 3449,49 kg/mm2 dan untuk pengunjian bending 203,65 kg/mm2. Jika dibandingkan dengan aluminium maka bahan ini dapat digunakan sebagai body mobil KMHE
References
Gibson, R. F., 1994, PrinciplemofmComposite Mate¬-rialpMechanic, McGraw Hill International Book Company, New York.
Regulasi Kontes Mobil Hemat Energi, http://kmhe.ub.ac.id/download/regulasi-teknis-kmhe/, diakses 14 Juni 2018 jam 09.35 WIB.
Matthews, F.L. and Rawlings, R.D., 1994, Composite Materials: Engineering and Science, Chapman & Hall, London.
Selzer, R., Friedrich, K., 1997, Mechanical pro-perties and failure behavior of carbon fiber-reinforced polymer composites under the influ¬ence of moisture, Composites Part A: Applied Science and Manufacturing, Composites Part A: Applied Science and Manufacturing, 28, 6, pp 595-604.
Sawal, N., Rahman, M. H. A., Sabri, M., Akil, H. Md., 2017, Low Velocity Impact Properties Of Polypropylene (PP) Honeycomb Core Sandwich Structure With Glass Fiber Reinforced Plastic (GFRP) Laminated Face sheet, ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 12, 4.
Tisza, M and Lukács, Zs., 2018, High strength aluminum alloys in car manufacturing, IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering Vol. 418.
Sakurai, T, 2008, The Latest Trends in Alumi¬num Alloy Sheets for Automotive Body Panels Kobelco Technology Review No. 28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Teknik Mesin diterbitkan oleh Universitas Kristen Petra.
Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License (CC BY).