Perancangan Boks Truk Pengangkut Buah-Buahan

Authors

  • Johan K. Santoso
  • Fandi Dwiputra Suprianto Mechanical Engineering Petra Christian University Surabaya - Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.9744/jtm.18.1.8-11

Keywords:

Refrigeransi, humidifikasi, heat exchanger

Abstract

Adanya permintaan buah stroberi segar yang terus meningkat untuk kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri mendorong penggunaan boks pendingin pada proses transportasi. Selain pendinginan, juga diperlukan humidifikasi ruangan agar buah stroberi dapat sampai dengan kondisi masih segar. Dalam perancangan ini, boks pendingin di desain agar mampu mempertahankan suhu 10℃ dan 90% RH. Untuk dapat mencapai suhu tersebut dilakukan perhitungan untuk mengetahui beban pendinginan dan diperlukan simulasi untuk melihat pengaturan penyusunan boks buah agar udara dapat tersebar secara merata. Setelah proses simulasi dan perhitungan teleh diselesaikan, didapatkan bahwa sistem pendingin boks truk yang dikeluarkan oleh produsen Denso mampu mencapai kondisi steady dalam waktu 10 menit dan dapat mencukupi kebutuhan untuk pendinginan ruangan meskipun sudah terbeban oleh komoditas dan humidifikasi ruangan. Sedangkan untuk susunan boks buah yang dipakai adalah disusun ke atas sebanyak 5 boks, 3 ke belakang, dan 3 ke samping untuk 1 buah pallete

References

Firdaus, N.,2010, Kajian Teknik Penyimpanan dan Pengemasan Buah Stroberi (Fragaria Chiloensis L.) selama Transportasi, Bogor: Insitut Pertanian Bogor

Fayazbakhsh, M. A., & Bahrami, M.,2013, Comprehensive Modeling of Vehicle Air Conditioning Loads Using Heat Balance Method, SAE International, 1-14.

Becker, P.E., B. R., & Fricke, B. A. (n.d.). Transpiration and Respiration of Fruits and Vegetables. Kansas: University of Missouri.

Glouannec, P., Michel, B., Delamarre, G., & Grohens, Y., 2014, Experimental and Numerical Study of Heat Transfer Across Insulation Wall of a Refrigerated Integral Panel Van. HAL Archives Ouvertes, 196-204.

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles