Perancangan Adjustable Handlebar untuk Sepeda Motor dengan Dua Sistem Pengaturan
:
https://doi.org/10.9744/jtm.18.2.33-38Keywords:
Handlebar, motorcycle, ergonomicAbstract
Kemudi sepeda motor merupakan bagian penting yang berfungsi untuk mengendalikan arah kendaraan. Bentuk dari kemudi sangat beragam, mulai dari yang mengedepankan estetika sampai kenyamanan. Untuk kenyamanan tentu berbeda-beda setiap pengendaranya, salah satu faktor yaitu tinggi badan pengendara. untuk menyesuaikan kemudi supaya setiap pengendara dapat mengendarai kendaraan-nya dengan nyaman, maka dirancanglah handlebar yang dapat disesuaikan bentuknya dengan mudah. Perancangan adjustable handlebar ini dimulai dengan mendesain mekanisme-mekanisme perubah sudut dan ketinggian yang bisa dilakukan adjustable handlebar. Perancangan ini menghasilkan mekanisme perubahan sudut dengan rentang 30° dengan step sebesar 10° dan rentang ketinggian sebesar 10 cm. Pengaturan dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus pergi ke bengkel, dan dapat dilakukan setiap saat. Sehingga adjustable handlebar ini memungkinkan untuk memberi kenyamanan untuk setiap pengendara-nya, meski pengendara memiliki postur tubuh yang berbeda-beda.
References
Badan Pusat Statistik. “Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2017”. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/ linkTableDinamis/view/id/1133. (2019) [Acessed on 3 Ocotber 2019].
Arunachalam, M., Mondal, C., Singh, G., Karmakar, S., 2018, “Motorcycle Riding Posture: A Review”, Elsevier, 134, pp. 395-396.
World Data Info. “Body Size By Country”. [Online]. Available: https://www.worlddata.info/ average-bodyheight.php. (2019) [Acessed on 15 October 2020].
Biro Komunikasi dan Informasi Publik. “Kelelahan Jadi Faktor Utama Penyebab Kecelaka¬an”. [Online]. Available: http://www.dephub.go.id/post/read/kelelahan-jadi-faktor-utama-penye-bab-kecelakaan-14470. (2012) [Acessed on 2 December 2019].
Maria, R., 2016, “Summary of Safety Criteria in Design”, Automotive Engineering Research Group, Pekan, Universiti Malaysia Pahang, Malaysia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Teknik Mesin diterbitkan oleh Universitas Kristen Petra.
Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License (CC BY).