Perancangan Adjustable Handlebar untuk Sepeda Motor dengan Dua Sistem Pengaturan

Authors

  • David Oboe Kristiawan Universitas Kristen Petra
  • Yopi Yusuf Tanoto Universitas Kristen Petra
  • Ian Hardianto Siahaan Universitas Kristen Petra
  • Naldi Naldi Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/jtm.18.2.33-38

Keywords:

Handlebar, motorcycle, ergonomic

Abstract

Kemudi sepeda motor merupakan bagian penting yang berfungsi untuk mengendalikan arah kendaraan. Bentuk dari kemudi sangat beragam, mulai dari yang mengedepankan estetika sampai kenyamanan. Untuk kenyamanan tentu berbeda-beda setiap pengendaranya, salah satu faktor yaitu tinggi badan pengendara. untuk menyesuaikan kemudi supaya setiap pengendara dapat mengendarai kendaraan-nya dengan nyaman, maka dirancanglah handlebar yang dapat disesuaikan bentuknya dengan mudah. Perancangan adjustable handlebar ini dimulai dengan mendesain mekanisme-mekanisme perubah sudut dan ketinggian yang bisa dilakukan adjus­table handlebar. Perancangan ini menghasilkan mekanisme perubahan sudut dengan rentang 30° dengan step sebesar 10° dan rentang ketinggian sebesar 10 cm. Pengaturan dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus pergi ke bengkel, dan dapat dilakukan setiap saat. Sehingga adjustable handlebar ini memungkinkan untuk memberi kenyamanan untuk setiap pengendara-nya, meski pengendara memiliki postur tubuh yang berbeda-beda.

References

Badan Pusat Statistik. “Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2017”. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/ linkTableDinamis/view/id/1133. (2019) [Acessed on 3 Ocotber 2019].

Arunachalam, M., Mondal, C., Singh, G., Karmakar, S., 2018, “Motorcycle Riding Posture: A Review”, Elsevier, 134, pp. 395-396.

World Data Info. “Body Size By Country”. [Online]. Available: https://www.worlddata.info/ average-bodyheight.php. (2019) [Acessed on 15 October 2020].

Biro Komunikasi dan Informasi Publik. “Kelelahan Jadi Faktor Utama Penyebab Kecelaka¬an”. [Online]. Available: http://www.dephub.go.id/post/read/kelelahan-jadi-faktor-utama-penye-bab-kecelakaan-14470. (2012) [Acessed on 2 December 2019].

Maria, R., 2016, “Summary of Safety Criteria in Design”, Automotive Engineering Research Group, Pekan, Universiti Malaysia Pahang, Malaysia.

Downloads

Published

2021-10-27