Pemanfaatan Sensor Suara sebagai Fitur On/Off Switch pada Engine Starter dan Power Tailgate Kendaraan

Authors

  • Ian Hardianto Siahaan Universitas Kristen Petra
  • Kresna Vincent Universitas Kristen Petra
  • Teng Sutrisno Universitas Kristen Petra
  • Ninuk Jonoadji Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/jtm.18.2.39-43

Keywords:

Engine starter, power tailgate, sensor suara, switch, google home

Abstract

Fitur otomotif mengalami perkembangan pesat secara berkelanjutan sebagai dampak perkembangan revolusi industri 4.0, khususnya dalam hal memudahkan pengoperasian fitur sebagai penunjang keselamatan maupun kenyamanan berkendara. Fitur yang dirancang dengan cara mengintegrasikan sensor suara untuk menyalakan dan mematikan engine starter dengan memanfaatkan car starter motor bawaan dari kendaraan itu sendiri. Selain itu ditambahkan juga fitur membuka dan menutup bagasi kendaraan sehingga bisa berfungsi secara otomatis. Operasional on/off switch untuk engine starter dan power tailgate menggunakan media internet eWeLink dan google home sebagai penghubung sensor suara dengan switch dan aktuator power tailgate secara wireless melalui perintah yang telah diprogramkan pada perangkat. Pada penelitian ini berhasil menyalakan atau mematikan engine starter berkisar 1 detik sedangkan untuk membuka dan menutup berkisar 1 menit. Namun, berdasarkan hasil diskusi pada pengujian bahwa waktu untuk membuka atau menutup power tailgate ini masih tergolong lama hal ini disebabkan pada saat eksisting pemilihan spesifikasi motor aktuator yang ada di pasaran belum mendapatkan requirement yang memadai meskipun dari sisi fungsional telah bekerja dengan baik.

References

Praphulla A, 2015, “Speech Recognition Tech¬ni-ques,” A Review, International Journal of Scientific & Engineering Research, vol. 6, Issue 8.

Jiao DanNuo, He Xin, Xu JingHan, Wang Ling, 2019,” Design of Intelligent Vehicle Multimedia Human-Computer Interaction System," IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 563.

Iqbaldeep Kaur, Navneet Kaur, Amandeep Ummat, Jaspreet Kaur, Navjot Kaurmer, 2016,”Automatic Speech Recognition: A Review,” IJCST, Vol. 7, Issue 4.

I.Alice Joseline, Mrs. S. Benila, 2017,” Voice Recognition Based Vehicle Manufacturing,” International Journal of Engineering Development and Research, Volume 5, Issue 2.

Chee Yang Loh, Kai Lung Boey, Kai Sze Hong, 2017,“ Speech Recognition Interactive System for Vehicle”, International Colloquium on Signal Processing & its Applications, Penang, Malaysia.

R.Veeramani, R. Madhanmohan, Deepak Praja¬pati, Aman Kumar, Sidharth Kumar, 2019,” Iot Based Speech Recognition Controlled Car using Arduino,” International Journal of Engineering and Advanced Technology (IJEAT), Volume-9 Issue-1.

Neil Sokol, Huei-Yen Winnie Chen, Birsen Donmez, 2017, “Voiced- Controlled in Vehicles Systems: Effects of Voice –Recognition Accuracy in The Presence of Background Noise,” Proceedings of the Ninth International Driving Symposium on Human Factors in Driver Assess¬ment, Training and Vehicle Design.

Winda Astuti, E. Byan Wahyu Riyandwita, 2016, "Intelligent Automatic Starting Engined Based on Voice Recognition System,” IEEE Student Conference on Research and Develop¬ment (SCOReD).

Downloads

Published

2021-10-27