Analisa dan Optimalisasi Mesin Produksi Air dari Udara Atmosfer dengan Sistem Kompresi Uap

Authors

  • Ekadewi Anggraini Handoyo Pusat Studi Sustainable Energy, Universitas Kristen Petra
  • I Putu Kevin Saadi Sudiasa Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/jtm.19.1.1-7

Keywords:

Atmospheric Water Generator, Psychrometric Chart, Vapor Compression System

Abstract

Air merupakan kebutuhan utama makhluk hidup setiap harinya. Jumlah produksi air bersih di Indonesia mengalami penurunan dari tahun 2018 sampai 2019. Wibowo (2020) telah membuat mesin produksi air dari udara atmosfer. Mesin ini akan dianalisa dan dimodifikasi untuk meningkatkan volume air yang dihasilkan dari 2 Liter/hari menjadi 4 Liter/hari dan meningkatkan perbedaan temperatur udara yang melalui ruang evaporator. Modifikasi mesin ini dimulai dengan menghitung ulang panjang pipa evaporator dan mendesain ulang ruang evaporator. Mesin ini bekerja dengan mengembunkan uap air menjadi air. Mesin ini menggunakan sistem kompresi uap sebagai sistem pendinginan sepeti mesin terdahulunya. Modifikasi pipa evaporator berbentuk aligned dengan 3 kolom dan 3 baris dengan panjang sebesar 0,756 m tiap pipa. Dengan menggunakan tiga jenis kecepatan udara yang berbeda dalam satu harinya mesin dapat menghasilkan air sebanyak 17,4 Liter; 16,2 Liter; dan 4,8 Liter.

References

Ama, K. K., 2021, “Lahan Food Estate di Sumba Tengah kesulitan air.” https://www.kompas.id/baca/nusantara/2021/06/05/lahan-food-estate-di-sumba-tengah-kesulitan-air/. Indonesia.

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, 2018, “Rata–rata kelembapan, tekanan udara, tempe¬ratur, dan penyinaran matahari di Perak Surabaya per-bulan.” from https://surabaya-kota.bps.go.id/statictable/2015/02/10/17/rata-rata-kelembaban-tekanan-udara-temperatur-dan-penyinaran-matahari-di-perak-i-surabaya-per-bulan.html. Indonesia.

Bernad, L. F., 2019, “Analisis mesin penghasil aquades menggunakan mesin siklus kompresi uap dengan pengaruh putaran kipas sebelum evaporator”, Bachelor Thesis, Department of Mechanical Engineering, Yogyakarta, Universi¬tas Sanarta Dharma, Indonesia.

Cengel, Y. A., & Ghajar, A. J., 2015, Heat and mas transfer. 5th ed, New York, the United States of America.

Cengel, Y. A., & Boles, M. A., 2015, Thermodynamics: an engineering approach. 8th ed. New York, the United States of America.

Gaol, C. L., 2019, “Mesin penghasil air dari dara dengan menggunakan komponen air conditio¬ner 3/4 PK”, Bachelor Thesis, Depart¬ment of Mechanical Engineering, Yogyakarta, Universi¬tas Sanatha Dharma.

Pavithra, S., & Anbarasu, T., 2011, “Vapour compression refrigeration system generating fresh water from humidity in the air”, Sustainable Energy and Intelligent System (SEISCON).

Pradipta, I. W., 2019, Statistik air bersih 2013-2018, Jakarta, Indonesia.

Pradipta, I. W., & Harsanto, S., 2020, Statistik air bersih 2014-2019, Jakarta, Indonesia.

R. Smith, 2005, Chemical process design and integration. England.

Safi, L., & Aryadi, W., 2018, “Pengaruh variasi ebit udara masuk terhadap kapasitas air yang dihasilkan oleh atmospheric water generator”.

Wibowo, D. J., 2020, “Produksi Air Dari Udara Atmosfer Dengan Sistem Kompresi Uap”, Bachelor Thesis, Department of Mechanical Engineering, Surabaya, Universitas Kristen Petra, Indonesia

Downloads

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles