Audit Energi pada Dua Produk Kaca Lembaran di sebuah Pabrik Kaca

Authors

  • Hariyo Priambudi Setyo Pratomo Universitas Kristen Petra
  • Patrick H. Jonatan Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/jtm.19.2.32-35

Keywords:

Energy audit, EEI, electric motor, pump, compressor

Abstract

Industri pembuatan kaca tersusun atas empat bagian primer, yaitu: kaca lembaran, kaca khusus, kaca fiber, dan kaca container. Pabrik X merupakan sebuah perusahaan besar penghasil kaca lembaran yang menggunakan biaya-biaya energi yang tinggi dalam keseluruhan bagian dari produksinya. Kaca lembaran ini digunakan di otomotif maupun gedung dan perumahan. Perbaikan efisiensi energi di dalam proses produksi merupakan suatu pendekatan penting dalam rangka untuk menurunkan biaya-biaya produksi, yang mana perbaikan efisiensi ini banyak digunakan untuk audit energi di industri. Dalam studi ini, audit energi difokuskan pada konsumsi energi pada motor listrik, pompa, dan kompresor yang digunakan untuk mendukung proses produksi dua produk kaca lembaran di pabrik X, yaitu FL dan GEFL. Konsumsi energi dalam proses produksi kedua kaca lembaran tersebut diukur melalui perhitungan Energy Efficiency Index (EEI), dengan tujuan untuk melihat proses produksi yang mana yang mengkonsumsi energi yang tinggi. Selain itu, audit energi juga dilakukan untuk mengukur efisiensi energi pada motor listrik, pompa, dan kompresor. Ditunjukkan bahwa beberapa proses produksi perlu menghemat konsumsi energi secara efektif dan jadwal pengoperasian pompa untuk beberapa proses produksi kaca lembaran perlu diperhatikanIndustri pembuatan kaca tersusun atas empat bagian primer, yaitu: kaca lembaran, kaca khusus, kaca fiber, dan kaca container. Pabrik X merupakan sebuah perusahaan besar penghasil kaca lembaran yang menggunakan biaya-biaya energi yang tinggi dalam keseluruhan bagian dari produksinya. Kaca lembaran ini digunakan di otomotif maupun gedung dan perumahan. Perbaikan efisiensi energi di dalam proses produksi merupakan suatu pendekatan penting dalam rangka untuk menurunkan biaya-biaya produksi, yang mana perbaikan efisiensi ini banyak digunakan untuk audit energi di industri. Dalam studi ini, audit energi difokuskan pada konsumsi energi pada motor listrik, pompa, dan kompresor yang digunakan untuk mendukung proses produksi dua produk kaca lembaran di pabrik X, yaitu FL dan GEFL. Konsumsi energi dalam proses produksi kedua kaca lembaran tersebut diukur melalui perhitungan Energy Efficiency Index (EEI), dengan tujuan untuk melihat proses produksi yang mana yang mengkonsumsi energi yang tinggi. Selain itu, audit energi juga dilakukan untuk mengukur efisiensi energi pada motor listrik, pompa, dan kompresor. Ditunjukkan bahwa beberapa proses produksi perlu menghemat konsumsi energi secara efektif dan jadwal pengoperasian pompa untuk beberapa proses produksi kaca lembaran perlu diperhatikan.

References

Andersson, E., Arfwidson, O., Thollander, P., 2018, “Benchmarking energy performance of industrial small and medium-sized enterprises using an energy efficiency index: results based on an energy audit policy program”, Journal of Cleaner Production, 182, pp. 883-895.

Barkhordar, Z. A., Fakouriyan, S., Sheykhha, S., 2018, “The role of energy subsidy reform in energy efficiency enhancement: Lessons learnt and future potential for Iranian industries”, Journal of Cleaner Production, 197, 1, pp. 542-550.

Hrovatin, N., Dol, N., Zori, J., 2016, “Factors impacting investments in energy efficiency and clean technologies: empirical evidence from Slovenian manufacturing firms”, Journal of Cleaner Production, 127, pp. 475-486.

Hsieh, S., Shih, Y., Hsieh, W., Lin, F., Tsai, M., 2011, “Performance analysis of screw compressors – numerical simulation and experimental verification“, Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part C: Journal of Mechanical Engineering Science, 226, 4, pp. 968-980

IEA, I., 2015, Energy efficiency market report. Paris: International Energy Agency.

Rietbergen, M. G., Blok, K., 2010, “Setting SMART targets for industrial energy use and industrial energy efficiency”, Energy Policy, 38, pp. 4339-4354.

Robertson Technology, Pump performance moni-toring and testing–Condition Monitoring–Predictive maintenance.

Downloads

Published

2022-11-02