Perbaikan Kesetimbangan Robot Arm Balancing untuk Proses Loading-Unloading Lembaran Plat dengan Metode Kaizen

Authors

  • Amelia Sugondo Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra
  • Cedric Rahardjo Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra
  • Ian H. Siahaan Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/jtm.19.1.8-11

Keywords:

Kaizen, balancing arm, pneumatic

Abstract

Kaizen merupakan suatu perbaikan secara terus menerus untuk meningkatkan keselamatan kerja, kualitas, produktivitas dan biaya. Salah satu perusahaan elektronik rumah tangga yang memproduksi produk berupa AC menerapkan metode kaizen pada proses produksinya. Dari pengamatan dengan metode kaizen, didapatkan bahwa mesin feeder kurang efektif karena umur komponen yang lebih kecil dari yang telah dirancang. pada mesin feeder dengan sistem pneumatik didapatkan jika distribusi beban tidak seimbang dan menyebabkan keausan dini pada piston. Keausan dini menyebabkan peningkatan frekuensi kerusakan dan waktu henti karena pemeliharaan. Untuk mengimplementasikan kaizen, dilakukan modifikasi untuk menciptakan distribusi beban yang lebih seimbang. Modifikasi penyeimbangan lengan robot feeder menghasilkan frekuensi breakdown yang lebih rendah dan meningkatkan usia pakai piston.

References

Fatkhurrohman, A., Subawa, 2016. “Penerapan Kaizen Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Kualitas Produk Pada Bagian Banbury PT Bridgestone Tire Indonesia”, Bekasi (ID): Aka¬demi Sekretari dan Manajemen Bina Insani.

Womack, J. P. & Jones, D. T., 2003, “Lean Thinking: Banish waste and create wealth in your corporation”. New York, NY 10020:Free Press.

Putro, I. A., 2020, “Penerapan Konsep Kaizen Untuk Menurunkan Lead Time Express Maintenance Pada PT Indomobil Trada Nasio¬nal Depok”. Jurnal IKRA-ITH TEKNOLOGI Vol 4 No 3, hal 31-39.

Elliott, B. S., 2006, Compressed Air Operations Manual, McGraw Hill Book Company.

Dhani, R. & Mayasari, A., 2020. “Penerapan Prinsip Kaizen dalam Metode PDCA Sebagai Upaya Perbaikan Kualitas Produk Gentong”, Jurnal Penelitian Inovasi dan Pengelolaan Industri, Vol 1 No 2, hal 25-33.

Soesilo, R., 2017. “Implementasi Kaizen Dan 5S Pada Pengeringan Produk Di Proses Plating”, Jurnal Teknik Industri, Vol. 18, No.02, hal. 121-126.

Heizer, J., Barry, R., 2005. “Manajemen Operasi”, Jakarta: Salemba Empat.

Smalley, A., Isao, K., 2011. “Toyota Kaizen Methods”, Jakarta: Gradien Mediatama.

Paramita, P. D., 2012. Penerapan Kaizen Dalam Perusahaan. Jurnal Manajemen, hal 1-11

Agus, P., 2011, Aircraft weight and balance, https://avionika01.wordpress.com/2011/05/27/menimbang-berat-pesawat-terbang/

Downloads

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles