Studi Pengaruh Waktu Injeksi, Tekanan Bahan Bakar, dan Tekanan Turbo Terhadap Unjuk Kerja Mesin Diesel 2GD-FTV

Authors

  • Teng Sutrisno Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra https://orcid.org/0000-0002-6214-3045
  • Pradityo Putra Purnomo Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/jtm.19.1.17-20

Keywords:

Diesel Engine, Injection Timing, Pressure Fuel, Boost Pressure, Piggyback, ECU

Abstract

Motor Diesel dipengaruhi oleh beberapa aspek operasional. Diantaranya: waktu pengi­njeksian bahan bakar (timing injection), tekanan bahan bakar (fuel pressure), dan tekanan udara yang masuk (boost pressure). Modifikasi akan dilakukan untuk mengubah parameter menggunakan piggyback. Terdapat tiga hal yang akan diteliti, yaitu mengamati perubahan pada daya dan torsi jika mengubah parameter fuel pressure, parameter injection timing, dan parameter tekanan turbo. Pengujian dilakukan meng­gunakan alat bernama On-Wheel Dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan pada kendaraan bermotor. Unjuk Kerja Mesin Diesel dapat meningkat Daya sebanyak 8% dan torsi sebanyak 11% dengan perubahan parameter pressure fuel +20, injection timing +5°, dan parameter turbo pressure 1.2 bar.

References

Heywood, J., 2018, Internal Combustion Engine Fundamentals, 2nd Edition, McGraw-Hill Education, United States.

Prabowo, N. R., & Yuliono, N., 2014, Studi Eksperimental Pengaruh Timing Injection Terhadap Unjuk Kerja Motor Diesel 1 Silinder Putaran Konstan Dengan Bahan Bakar Bio Solar. Simposium Nasional RAPI XIII - 2014 FT UMS, 1-8.

Anggono, W., Ichiyanagi, M, Tanuwijaya, D.V., Danu, J. D., Yilmaz, E., Chen, H., Gotama, G.J., Suzuki, T. et Al., 2020, Effect of Boost Pressure and Injection Strategy to The In-Cylinder Pressure and Heat Release Rate of Direct Injection Diesel Engine, Journal of Engineering Science and Technology, Vol. 15, No. 5 pp 3355-3374.

Singh, M., & Sandhu, S.S., 2021, Effect of boost pressure on combustion, performance and emission characteristics of a multicylinder CRDI engine fueled with argemone biodiesel/diesel blend, Fuel 300 121001.

Carriero, M., Baldini, G., Castellano, P., Vermeulen, R., Kontses, D., Fragkiadoulakis, P., Samaras, Z., Fontaras, G., et. Al, 2022, Effect of Tampering on On-Road and Off-Road Diesel Vehicle Emissions, Sustainability 14, 6065.

Tutak, W., Jamrozik, A., Bereczky, A., & Lucaks, K., 2016, Effect of Injection Timing of Diesel Fuel on Performance and Emisssion of Dual Fuel Diesel Engine Powered by Diesel/E85 Fuels, Transport 33, pp 633-644.

Christian, J., Sutrisno, T., & Philip, K., 2019. Re-Mapping Engine Control Unit (ECU) Kendaraan Mobil. Tugas Akhir-Universitas Kristen Petra.

Downloads

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles