Implementasi FMEA untuk Peningkatan Produktifitas di PT. X

Authors

:

https://doi.org/10.9744/jtm.19.2.45-50

Keywords:

Productivity, waste priority number, failure mode and effect analysis (FMEA), root cause analysis.

Abstract

P.T. X yang merupakan perusahaan berskala internasional memiliki dua tipe mesin untuk proses produksinya, yaitu mesin maker dan mesin combiner. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnnya, P.T. X dituntut untuk meningkatkan produktifitas mesinnya untuk memenuhi demand yang ada. Metode failure mode and effect analysis (FMEA) telah banyak diterapkan untuk mengelola risiko. Dalam penelitian ini, FMEA dipakai untuk memprioritaskan pemborosan (waste) mana yang paling mengganggu produktifitas mesin combiner berdasarkan wawancara dengan pihak pengelola perusahaan. Selanjutnya, metode Fishbone diagram dan 5-whys dipakai untuk mengidentifikasi akar permasalahan yang menghambat produktifitas mesin combiner tersebut. Wawancara lanjutan dilakukan untuk mendapatkan countermeasure dari setiap akar permasalahan yang diperoleh. Pada bagian akhir, pihak manajemen perusahaan diminta untuk memberikan penilaian pada WPN akhir dari setiap permasalahan yang teridentifikasi.  Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif solusi yang telah diambil. Penurunan signifikan pada WPN menunjukkan efektifitas dari countermeasure untuk meningkatkan produktifitas mesin combiner.

Author Biography

Didik Wahjudi, Universitas Kristen Petra, Surabaya

Associate Professore of Mechanical Engineering Department, Petra Christian University

References

J. P. Womack, and D. T. Jones, Lean Thinking: Banish Waste and Create Wealth in Your Corporation, Free Press, 2003.

T. Ohno, Toyota Production System, New York, NY: Productivity Press, 1988.

J. K. Liker, The Toyota Way: 14 Management Principles from the World's Greatest Manufacturer, New York, NY: McGraw-Hill, 2004.

M. Rother, and J. Shook, Learning to See: Value Stream Mapping to Create Value and Eliminate Muda, Cambridge, MA: Lean Enterprise Institute, Inc., 1999.

J. Dinis-Carvalho, F. Moreira, S. Bragança, E. Costa, A. Alves, and R. Sousa, “Waste identification diagrams,” Production Planning & Control, vol. 26, no. 3, pp. 235-247, 2014.

R. E. McDermott, R. J. Mikulak, and M. R. Beauregard, The Basics of FMEA, New York, NY: Taylor & Francis Group, LLC, 2009.

R. V. B. de Souza, and L. C. R. Carpinetti, “A FMEA-based approach to prioritize waste reduction in lean implementation,” International Journal of Quality & Reliability Management, vol. 31, no. 4, pp. 346-366, 2014.

U. Murugaiah, S. J. Benjamin, M. S. Marathamuthu, and S. Muthaiyah, “Scrap loss reduction using the 5-whys analysis,” International Journal of Quality & Reliability Management, vol. 27, no. 5, pp. 527-540, 2010.

Downloads

Published

2022-11-02