Pemanfaatan Roller dan Belt Conveyor pada Pembuatan Prototipe Mesin untuk Proses Sortasi Telur

Authors

  • Ian Hardianto Siahaan Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Ninuk Jonoadji Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Ardian Chandra Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/jtm.19.2.40-44

Keywords:

roller conveyor, microcontroller, egg, prototype

Abstract

Produsen telur umumnya masih melakukan kegiatan penyortiran telur berdasarkan bobot­nya secara tradisional. Proses pemisahan ini mengakibatkan kesalahan jumlahnya dalam proses pemisahan telur selain itu juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu, proses ini memiliki permasalahan lainnya dimana ayam petelur menjadi stres karena keberadaan peternak di lokasi yang dapat menurunkan kualitas hingga kuantitas produk telur yang dihasilkan ayam petelur. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dimanfaatkanlah dua mekanisme conveyor. Conveyor pertama adalah roller conveyor digunakan untuk mengangkut telur dari kandang ke lokasi lainnya yang sudah ditentukan sekaligus berfungsi sebagai pengumpan telur yang masuk dan keluar sekaligus memindahkannya secara otomatis ke prototipe mesin sortasi. Mesin terdiri dari microcontroller yang berfungsi sebagai pusat kendali timbangan dan mekanisme separator. Telur yang keluar dari conveyor kedua adalah belt conveyor dimana telur masuk ke timbangan, dan diberhentikan oleh servo stopper. Setelah selesai ditimbang, servo stopper membuka gate dan telur diarahkan ke sekat pemisah yang terhubung dengan sensor berat kemudian membuka sekat yang akan membuat telur akan masuk pada jalur yang telah ditentukan sesuai dengan bobotnya melalui servo selector. Berdasarkan hasil pengujian prototipe yang telah dilakukan mekanisme ini memerlukan waktu berkisar 10-11 detik untuk mengumpulkan dan memisahkan telur melalui tiga jalur kategorial yang telah ditetapkan sebagaimana pada perencanaan awal.

References

El Chandra T. R, Moh. Abdullah Anshori, Martono Dwi Atmadja., 2020,” Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Sortir Telur Konsumsi dengan Konveyor di Pabrik Telur Karangploso”, Jurnal Jaringan Telekomunikasi (Jurnal Jartel), 10, 4 ,pp. 162-167

Feby Nopriandi, 2015, ” Desain dan Pengujian Mesin Sortasi Telur Ayam”, Jurnal Keteknikan Pertanian, 3, pp. 153-160

Venkata Reddy Sangana, 2018,” Design and Optimisation of roller Conveyor System”, International Journal of Mechanical Engineering and Technology (IJMET), 9, 4, pp. 116–125.

Suhas M. Shinde and R.B. Patil, 2012,” Design and Analysis of a Roller Conveyor System for Weight Optimization and Material Saving”, International Journal on Emerging Technologies 3,1, pp.168-173.

Syafrizal., Adolf Asih Supriyanto., 2020,” Pengaruh Pembebanan terhadap Kecepatan Kerja Roll Conveyor”, Turbo Jurnal Program Studi Teknik Mesin UM Metro, Vol. 9 No. 1, pp.124-128.

Erinofiardi., 2012,” Analisa Kerja Belt Conveyor 5857-V Kapasitas 600 Ton/Jam”, Jurnal Rekayasa Mesin Vol.3, pp. 450-458

Muhammad Shahid, Md Ghaysuddin., 2019,” Design and Implementation of Conveyor Belt Speed Control using PID for Industrial Applications”, International Journal of Trend in Scientific Research and Development (IJTSRD), Volume 3, Issue 5, pp.284-289.

Downloads

Published

2022-11-02