Analisa Gerakan Rolling, Pitching, dan Vertikal Truk 3 Axle dengan Penggerak Motor Listrik IWM pada Saat Melewati Polisi Tidur

Authors

  • Ivan Christian Hernando Universitas Kristen Petra, Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/jtm.20.1.5-12

Keywords:

Truk tiga axle, getaran, simulasi

Abstract

Paper ini menginvestigasi bagaimana gerakan rolling, pitching, dan gerakan vertikal dari sebuah truk dengan tiga axle. Analisa ini diselesaikan dengan melakukan pemodelan dinamis terlebih dahulu pada truk kemudian setelah model dinamik didapatkan selanjutnya dilakukan pembuatan model Simulink pada software Matlab. Analisa dilakukan dengan membuat asumsi kendaraan melewati sebuah polisi tidur. Kendaraan melewati polisi tidur dengan kecepatan yang disesuaikan dengan kecepatan roda berputar dimana roda digerakkan oleh sebuah motor yang tertanam pada velg atau disebut dengan in wheel motor. Hasil pergerakan dari masing-masing bagian dari truk yang dipertimbangkan ditampilkan dalam bentuk grafik. Dari hasil tersebut dapat terlihat bahwa truk membutuhkan sebuah alat untuk meredam getaran dari rolling. Hal ini mengakibatkan tinggi perpindahan maksimum dari tempat duduk adalah 11.2 cm yang dimana hampir sama dengan tinggi maksimum polisi tidur yang tentu akan mengurangi kenyamanan pengemudi.

Author Biography

Ivan Christian Hernando, Universitas Kristen Petra, Surabaya

SINTA ID: 6836333, GS ID: Jr565KIAAAAJ&hl

References

Mardanpour, P., Izadpanahi, E., Rastkar, S., Fazelzadeh, S.A., & Hodges, D. H. (2017). Geometrically Exact, Fully Intrinsic Analysis of Pre-Twisted Beams Under Distributed Follower Forces. AIAA Journal, 1-13.

Mardanpour, P., Izadpanahi, E., Rastkar, S., & Hodges, D.H. (2017). Nonlinear Aeroelastic Gust Suppression and Engine Placement. Journal of Aircraft, 1-4.

Mardanpour, P., Izadpanahi, E., Rastkar, S., & Hodges, D.H. (2017). Effects of engine placement on nonlinear aero elastic gust response of high-aspect-ratio wings. In AIAA Modeling and Simulation Technologies Conference (p. 0576)

Hunt HEM (1991) Modelling of road vehicles for calculation of traffic-induced ground vibrations as a random process. J Sound Vib. 144(1):41–51. doi:10.1016/0022-460X(91)90731-X

Cebon D (1993) Interaction between heavy vehicles and roads. Warrendale (USA): Society of Automotive Engineers, SP951: ISBN: 1-56091-336-3

Hoseiniakram, P., & Rahmani, A. (2018). Vibration Analysis on Three-Axle Truck in Low Speed Induced By Sinusoidal Road Pavement. In IJESC, 16239-16247.

Y. I. Bobrovnitskii. (1999). Some Energy Relation for Mechanical Systems. IUTAM Symposium on Statical Energy Analysis Solid Mechanics and Its Application. vol. 67, 37-46.

Close, C. M., Frederick, D. K., & Newell, J. C. (2001). Modeling and Analysis of Dynamic Systems. 3rd edition.

Li, B. (2006). 3D dynamic modeling and simulation of a multi-degree of freedom 3-axle rigid truck with traling arm bogie suspension. University of Wollongong. (Thesis Report)

Kalaiselvi, K., Abinaya , K., & Babu, P. R. (2018). Mathematical Modeling and Dynamic Simulation of DC Motors using MATLAB/Simulink Environment. International Journal of Modern Trends in Engineering and Research, 9-19.

Azhari, J. R. (2019, Ferbuary 11). Mengenal Jenis Polisi Tidur yang Sesuai Standar Pemerintah. Retrieved from Kompas.com: https://megapolitan.kompas.com/read/2019/02/11/16534581/mengenal-jenis-polisi-tidur-yang-sesuai-standar-pemerintah

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles