Konversi Sistem Karburator ke Injeksi pada Mobil Honda Grand Civic SH4

Authors

:

https://doi.org/10.9744/jtm.21.1.37-42

Keywords:

karburator;, EFI, Konversi, Emisi, wiring diagram

Abstract

Sistem karburator diyakini memiliki masalah yang lebih banyak dibandingkan dengan sistem EFI. Mobil dengan sistem karburator kebanyakan sudah tidak lulus uji emisi. Honda Grand Civic SH4 tahun 1991 merupakan mobil yang diproduksi dengan sistem pengabutan bahan bakar karburator. Pengkonversi sistem pengabutan bahan bakar dari karburator ke sistem EFI pada Honda Grand Civic SH4 tahun 1991 agar lebih ramah lingkungan. Proses konversi ini tentunya tidak mudah dan akan memakan biaya, waktu, serta tenaga. Pengunakan perangkat sistem EFI dari Honda Civic Genio SR4 untuk dipasangkan ke Honda Grand Civic SH4 tahun 1991. Diperlukan perancangan wiring diagram agar sistem EFI milik Honda Civic Genio SR4 dapat bekerja secara optimal di Honda Grand Civic SH4 tahun 1991. Hasil dari proses konversi didapatkan bahwa dapat menghasilkan pembakaran miskin bahan bakar dengan excess air 10%, peningkatan daya dan torsi dan penghematan konsumsi bahan bakar. Hasil konsumsi bahan bakar sebesar 16,2 km/liter.

Author Biography

Sutrisno, Petra Christian University

mechanical engineering

References

R. Wirosoedarmo, B. Suharto, and D. E. Proborini, “Analisis pengaruh jumlah kendaraan bermotor dan kecepatan angin terhadap karbon monoksida di terminal arjosari,” Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan, vol. 7 no. 2, pp. 57-64, 2020, DOI: 10.21776/ub.jsal.2020.007.02.2 2.

A. P. Nugroho, Darjono, and O. Wahyuni, “Pengaruh pengabutan bahan bakar terhadap kualitas pembakaran pada mesin induk di MT. Bauhinia,” Journal of Maritime Dynamic, vol. 9, pp. 2204-2217, 2018, DOI: 10.46484/db.v9i1.88.

D. A. Raharjo, “Pengaruh variasi karburator dan bahan bakar terhadap kinerja mesin dan emisi gas buang pada sepeda motor suzuki thunder 125 cc,” Mechonversio: Mechanical Engineering Journal, vol. 3 no. 1, pp. 23-28, 2020, DOI: 10.51804/mmej.v3i1.836 4.

E. P. Bambang, W. T. Putra, and M. Malyadi, “Analisa efek perubahan venturi karburator terhadap performance mesin pada sepeda motor yamaha vega,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo (KOMPUTEK), vol. 3 no. 1, pp. 1-13, 2019, DOI: 10.24269/jkt.v3i1.197 5.

T. Sugiarto, D. S. Putra, W. Purwanto, and Wagino, “Analisis perubahan output sensor terhadap kerja aktuator pada sistem EFI (electronic fuel injection). INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, vol. 18, no. 2, pp. 91-100, 2018. DOI: 10.24036/invotek.v18i2.418 6.

I. N. Suparta, I. M. Suarta, I. P. G. S. Rahtika, and P. W. Sunu, “Perbandingan konsumsi bahan bakar pada sistem injeksi dan sistem karburator,” Journal of Applied Mechanical Engineering and Green Technology, vol 2, pp. 108-113, 2021, DOI: 10.31940/jametech.v2i2 7.

R. Thamaraikanan, M. Anish, B. Kanimozhi, T. George, and V. G. Koshy, “Design and analysis of an intake manifold in an IC engine. Scientific.Net, pp. 766-767, 2015, DOI: 10.4028/www.scientific.net/AMM.766-767.1021 8.

D. L. Mikeda, Alwi, Wakhinuddin, and Rifdarmon, ”Pengaruh penggunaan coil racing terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor empat Langkah,” MSI Transaction on Education, vol. 4, no. 3, pp. 145-154, 2023, https://doi.org/10.46574/mted.v4i3.1229.

M. Isnaini and S. M. Situmorang, ”Perancangan sistem informasi pencarian kerusakan sepeda motor sistem electronic fuel ignition (EFI),” Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 40-45, 2021, DOI: 10.54314/teknisi.v1i1.490 10.

H. Dian, “Idle air control valve for the small engine market,” SAE International, vol. 1, pp. 1-17, 2013, DOI: 10.4271/2013-32-9163 11.

M. De Cesare, M. Parotto, F. Covassin, and S. Sgatti, “Electric low pressure fuel pump control for fuel saving,” SAE Technical Paper, vol. 1, pp. 1-11, 2013, DOI: 10.4271/2013-01-0339.

Q Liu, H. Chen, Y. Hu, P. Sun, and J. Li, “Modeling and control of the fuel injection system for rail pressure regulation in GDI engine,” IEEE Xplore, vol. 19, no. 5, pp. 1501-1513, 2013, DOI: https://doi.org/10.1109/TMECH.2013.2285716.

Ismiyati, D. Marlita, and D. Saidah, “Pencemaran udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor,” Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG)I, vol. 1 no. 3, pp. 241-248, 2014, DOI: 10.54324/j.mtl.v1i3 14.

Pemerintah Kabupaten Karawang, “Peraturan bupati karawang nomor 13 tahun 2014 tentang pengujian ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor,” Pemerintah Kabupaten Karawang, 2014, p. 1. https://peraturan.bpk.go.id/Details/161818/perbup-kab-karawang-no-13-tahun-2014.

A. Yani, “Analisi putaran mesin diesel 16 silinder menggunakan alat dynamometer terhadap torsi mesin, daya mesin, dan konsumsi bahan bakar,” Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, vol. 2, no. 2, pp. 162-174, 2022, DOI: 10.46306/tgc.v2i2.3.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles